AD

Kamis, 21 September 2023

MANFAAT SENAM IRAMA

 

MANFAAT SENAM IRAMA

Gerakan senam irama banyak melibatkan kerja otot. Jika dilakukan secara rutin, senam irama bermanfaat untuk melatih anggota tubuh. Simak ulasan lengkap mengenai manfaat senam irama di bawah ini.

1. Menguatkan otot

Senam irama dapat membantu menguatkan jaringan otot seseorang. Pasalnya, gerakan dalam disiplin senam ini diklaim mampu melatih otot menjadi lebih lentur dan kuat. Otot yang lentur akan meningkatkan jangkauan gerak tubuh, serta mengurangi potensi kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

2. Menurunkan berat badan

Dilansir dari situs resmi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, senam irama dapat menurunkan berat badan dan membantu seseorang memperoleh bobot tubuh yang ideal. Alasannya, gerakan dalam senam irama dapat mempercepat proses pembakaran lemak, sekaligus mengencangkan otot bagian lengan, perut, pinggul, dan paha.

3. Menjaga kesehatan tulang

Gerakan dalam senam irama akan mendorong seseorang untuk mencari tumpuan dan menopang berat tubuh. Hal ini secara tidak langsung bermanfaat untuk melatih kekuatan tulang, sekaligus mencegah osteoporosis pada masa tua.

4. Mengoptimalkan fungsi otak

Senam irama dinilai mampu mengoptimalkan dan merawat fungsi otak. Pasalnya, disiplin senam ini terdiri atas gabungan musik dan gerakan yang efektif menurunkan kadar hormon epinefrin serta kortisol sebagai faktor pencetus stres dalam tubuh.

Meningkatnya fungsi kerja otak bakal berdampak pada bertambahnya fokus dan daya ingat seseorang, sehingga meminimalisasi risiko terjadinya penyakit kognitif seperti Alzheimer.

5. Memperbaiki keseimbangan tubuh

Senam irama tersusun dari berbagai gerakan yang konsisten. Oleh karena itu, melakukan aktivitas senam irama secara rutin dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan keseimbangan tubuh seseorang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MANFAAT SENAM IRAMA

  MANFAAT SENAM IRAMA Gerakan senam irama banyak melibatkan kerja otot. Jika dilakukan secara rutin, senam irama bermanfaat untuk melati...