AD

Sabtu, 01 April 2017

Gerakan dalam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ)



Gerakan dalam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ)
Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) memiliki 5 tahapan gerakan yaitu:
1.    Sikap awal
Sebelum memulai untuk melakukannya, sebaiknya badan tegap dengan bahu rileks. Kedua tangan berada di samping badan serta pandangan lurus ke depan. Kedua kakli lurus dengan tumit rapat dan ujung kaki menghadap serong.

2.    Pemanasan
Setelah sikap awal benar, mulailah dengan melakukan gerakan jalan di tempat, diikuti gerakan kepala menoleh ke kanan dank ke kiri, menengadah dan menunduk dan juga gerakan memutar searah jarum jam dan juga sebaliknya. Lakukan gerakan bahu, gerakan lengan dan punggung bagian atas, gerakan tekuk lengan, kaki bertumpu pada tumit, gerakan peregangan dinamis otot samping badan serta gerakan peregangan statis. Gerakan pemanasan dilakukan selama 10 menit, gerakan ini bertujuan untuk membuat tubuh beradaptasi dengan gerakan senam yang lebih cepat nantinya dan gerakan ini mencegah terjadinya kram atau keseleo.
3.    Peralihan
Setelah melakukan pemanasan, tahap selanjutnya adalah gerakan peralihan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan gerakan jalan, tepuk tangan, maju dan juga mundur.
4.    Inti
Gerakan inti dalam latihan ini dapat dilakukan dengan meluruskan dan menekuk lengan; memanah, mengayun dan mengangkat kaki; meluruskan dan menarik lengan; koordinasi gerakan tangan dan kaki. Pada umumnya gerakan inti ini dilakukan selama 15-20 menit.
5.    Pendinginan
Seperti halnya gerakan senam lain, ini pun juga memakai tahap pendinginan yaitu dengan gerakan peregangan dinamis dan juga gerakan peregangan statis. Gerakan ini bertujuan untuk melemaskan badan setelah melakukan gerakan yang lebih cepat sebelumnya. Dan gerakan ini membantu tubuh dalam persiapan melakukan penghentian gerakan.

3 komentar:

  1. saya mau nanya ada soal tuliskan gerakansenam skj 2013 dari pemanasan sampai pendinginan

    BalasHapus
  2. Tolng jelaskan gerakan senam skj 2017 dari pemanasan sampe pendinginan

    BalasHapus

MANFAAT SENAM IRAMA

  MANFAAT SENAM IRAMA Gerakan senam irama banyak melibatkan kerja otot. Jika dilakukan secara rutin, senam irama bermanfaat untuk melati...